Pages

Ads 468x60px

Senin, 09 Maret 2015

DEFINISI SINGKAT ENTROPI PADA TERMODINAMIKA

Entropi adalah besaran termodinamika yaang menyertai perubahan setiap keadaan, dari keadaan awal sampai akhir sistem. Akhirnya perubahan entropi selama sebuah proses hanya bergantung  pada titik-titik ujungnya dan oleh karena itu tidak bergantung pada lintasan sesungguhnya yang di lalui.
          Entropi menyatakan ukuran ketidak teraturan sistem. Suatu sistem yang punya energi entropi tinggi berarti sistem tersebut makin tidak teratur. Contoh jika gas`dipanaskan maka molekul-molekul gas akan bergerak secara acak ( entropi  tinggi), jika suhu diturunkan, gas bergerak lebih teratur (entropi rendah) .
            Rumusan awal entropi dalam termodinamika meliputi perpindahan energi  berupa kalor selama suatu proses reversibel. Perhatikan proses  yang sangat kecil dimana sebuah sistem berubah dari keadaan dari keadaan seimbang yang satu ke keadaan seimbang yang lainya. Jika dQr  melambangkan jumlah energi berupa kalor yang dipindahkan saat sistem bergerak pada lintasan yang berada  diantara keadaan-keadaan yang reversibel, maka perubahan entropi ds sama dengan jumlah energi untuk proses reversibel ini, dibagi dengan suhu mutlak sistem .       

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates