Mesin 4 tak itu mesin yang melunasi 4 siklus mesin bakar dengan
melakukan 2 putaran kruk as/crankshaft. Mesin ini berputar 2 kali atau
720 derajat untuk melakukan 4 siklus, sehingga 1 putaran kruk
as/crankshaft (360 derajat) melakukan 2 siklus. Dimana, mesin ini kurang
responsif dibandingkan mesin 2 tak tetapi mesin ini lebih effisien.
Mesin ini lebih ramah lingkungan karena mesin ini hanya meminum bensin
saja, tidak ada oli samping. Mesin ini mengeluarkan tenaga relatif di
putaran/RPM lebih rendah dibandingkan mesin 2 tak, dan tenaga yang
dikeluarkan lebih rendah juga.
Mesin ini menggunakan klep/valve yang digerakan oleh noken as yang
tidak dipakai oleh mesin 2 tak, sehingga semua siklus yang harus
dilakukan lebih sempurna. Pada mesin motor, oli mesin 4 tak menjadi 1
untuk melumasi keseluruhan mesin dan transmisi pada mobil tetap terpisah
karena saluran oli mesin dan transmisi terpisah.
Mari kita bahas lebih dalam tentang siklusnya mesin 4 tak.
Langkah ke 1
Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup masuk terbuka dan katup
keluar tertutup, mengakibatkan udara (mesin diesel) atau gas (sebagian
besar mesin bensin) terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses udara
atau gas sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem
pemasukkan.
Langkah ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup masuk dan keluar
tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi.
Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu penyalaan (timing ignition) terjadi (pada mesin bensin berupa nyala busi sedangkan pada mesin diesel berupa semprotan (suntikan) bahan bakar).
Langkah ke 3
Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan meningkatkan tekanan dalam
ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA ke TMB. Langkah ini
adalah proses yang akan menghasilkan tenaga.
Langkah ke 4
Piston bergerak dari TMB ke TMA, Posisi katup masuk terutup dan katup
keluar terbuka, mendorong sisa gas pembakaran menuju ke katup keluar
yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.
Kesimpulannya mari kita lihat dalam tabel dibawah ini.
PERBEDAAN 2 TAK DAN 4 TAK
2 TAK
|
4 TAK
|
|
a. Dalam 1 siklus pembakaran hanya membutuhkan 1 putaran mesin | a. dalam 1 siklus pembakaran membutuhkan 2 putaran mesin | |
b. memakai membrane sebagai pengganti klep/valve | b. menggunakan klep/valve | |
c. tidak menggunakan noken as/camshaft | c. menggunakan noken as/camshaft | |
d. memiliki kompresi primer dan sekunder | d. hanya memiliki kompresi primer | |
e. lebih responsif / akselerasi bagus | f. kurang responsif / akselerasi kurang dari pada mesin 2 tak | |
f. menggunakan oli samping yang tercampur dengan bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaft | g. hanya menggunakan oli dan tidak tercampur oleh bensin untuk pelumasan kruk as / crankshaft | |
Sekarang teman-teman sudah taukan gimana mesin 2 tak dan mesin 4 tak, dan perbedaan dari masing-masing mesin.
terimakasih, sangat membantu manual teknik
BalasHapus